Mau Bikin Pisang Naik Tingkat dan Jadi Camilan Yummy? Coba Aja 6 Resep Ini!

Buah pisang salah satu buah yang sangat gampang didapatkan di Indonesia. Manfaat gizinya pun sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan rutin mengkonsumsi pisang, kamu bisa mendapatkan segudang manfaat. Antara lain melancarkan peredaran darah, melancarkan pencernaan, membantu kesehatan mata, menormalkan fungsi jantung dan masih banyak lagi.

Pisang yang dimakan tanpa perlu diolah dahulu memang udah enak banget. Tapi kalau kamu pengen makan pisang dengan olahan berbeda, maka beberapa resep sederhana kudapan dari pisang yang dipilihkan Hipwee ini bisa kamu coba di rumah.

1. Cookies ngga melulu dari cokelat, pisang pun bisa dibuat jadi cookies. Banana oatmeal cookies ini buktinya.

 

Kalau kamu sering makan cookies coklat, mungkin kamu akan juga suka dengan Banana Oatmeal Cookies ini. Buatnya pun sangat mudah kok, hanya butuh waktu kurang lebih 30 menit saja.

Bahan:

  1. satu buah pisang ambon berukuran besar
  2. satu cup oatmeal
  3. choco chips untuk topping

Cara Membuat:

  1. hancurkan pisang ambon sampai halus
  2. campur dengan oatmeal dan choco chips
  3. bentuk adonan menjadi bulatan yang ukurannya bisa kamu sesuaikan selera
  4. masukkan pada oven dengan suhu 180 derajat celcius sampai matang. Waktu yang diperlukan kurang lebih 15 menit.

2. Banana poffertjes bisa mengganjal perutmu di saat rasa lapar menyerang.

banana poffertjes

 

Kudapan asal belanda ini biasanya hanya dibuat dari tepung terigu dan mentega saja. Agar lebih berbeda, kamu pun bisa tambahkan pisang pada bahan bakunya.

Bahan :

  1. 150 gr tepung terigu
  2. 3 kuning telur
  3. 3 putih telur, kocok kaku
  4. 200 ml susu cair
  5. 2 sdm gula pasir
  6. 1 sdt baking powder
  7. 1/2 sdt garam
  8. 5 bh pisang raja
  9. 100 gr keju parut

Cara Membuat :

  1. Aduk rata tepung terigu, gula pasir, baking powder, kuning telur, dan garam.
  2. Setelah rata, tambahkan susu cair. Tuangkan sedikit demi sedikit
  3. Masukkan putih telur kocok, lalu aduk rata. Diamkan selama 10 menit.
  4. Panaskan wajan poffertjes, lalu olesi dengan margarin.Cetak adonan dengan menggunakan sendok makan.
  5. Setelah permukaan berlubang-lubang, beri potongan pisang, taburi dengan keju parut. Angkat.

3. Tidak ada perpaduan yang lebih sempurna dari pisang dan ice cream di Banana Split

banana split

 

Banana Split memang telah sejak lama jadi menu andalan di banyak kafe. Perpaduan antara lembutnya pisang dan manisnya ice cream memang nggak pernah gagal memanjakan lidahmu. Sekarang biar ngga selalu jajan Banana Split di kafe, kamu bisa bikin sendiri kok dan pastinya lebih hemat.

Bahan:

  1. 2 buah pisang
  2. masing-masing satu scoop ice cream rasa cokelat, vanilla, dan strawberry.
  3. daun mint untuk garnish

Cara Membuat:

  1. Goreng pisang tanpa minyak. Tiriskan ketika sudah berwarna kecokelatan. Tata di piring.
  2. Tambahkan ice cream tiga rasa di atas pisang.
  3. Tuangkan susu coklat di atasnya dan hias dengan daun mint.

4. Siapa bilang lumpia isinya cuma sayuran, isi pisang juga bisa kok. Lumpia pisang ini pun bisa jadi kawan minum teh.

Lumpia Pisang Raja

Varian baru lumpia isi pisang ini bisa kamu coba, jika kamu sudah bosan dengan lumpia isi sayur atau udang. Cara bikinnya cukup mudah kok.

Bahan:

  1. satu sisir buah pisang raja
  2. 100 gram keju cheddar
  3. satu bungkus kulit lumpia

Cara membuat:

  1. Potong pisang raja menjadi beberapa bagian.
  2. Ambil satu lembar kulit lumpia, dan taruh potongan pisang di atasnya.
  3. Taburi dengan serutan keju cheddar
  4. Bungkus rapi kulit lumpia
  5. Seluruh pisang dan keju yang telah terbungkus kulit lumpia, bisa langsung digoreng. Atau jika tidak ingin langsung menggoreng bisa disimpan dulu dalam freezer.

5. Pancake emang paling enak jadi cemilan, tapi lebih enak kalau ditambah topping buah pisang yang lembut.

Pancake Pisang

Untuk sarapan, kamu bisa coba masak pancake pisang ini. Dijamin hari-harimu akan semakin bertenaga dan semangat.

Bahan:

  1. 40 gram tepung pancake instan
  2. satu buah pisang berukuran sedang
  3. 70 cc susu almond

Cara membuat:

  1. Hancurkan pisang hingga lembut.
  2. Masukkan susu almond, sambil aduk rata.
  3. Lalu masukkan tepung, terus aduk rata.
  4. Panaskan wajan dan beri sedikit mentega, tuangkan adonan pancake secukupnya
  5. Balik saat satu sisi sudah matang.
  6. Pancake siap dihidangkan.

6. Sekali-kali jangan hanya makan roti tawar dengan meses saja. Coba dengan pisang dan nuttela. Yummy!

pisang coklat roti tawar

Roti tawar memang kudapan yang paling gampang dicarikan toppingnya. Bisa dimakan dengan meses, selai coklat, telur mata sapi, atau dengan smoked beef juga bisa. Nah, roti tawar pun bisa disajikan dengan pisang. Rasanya? Jangan ditanya lagi, sudah pasti lezat!

Bahan:

  1. 10 lembar roti tawar tanpa kulit
  2. 5 buah pisang raja matang
  3. 4 butir putih telur
  4. mentega untuk olesan
  5. satu botol nuttela
  6. tepung panir secukupnya
  7. minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Pipihkan roti tawar dengan menggunakan botol kaca atau alas piring. Lalu oles dengan mentega sedikit saja, oleskan juga dengan nuttela sesuai selera.
  2. Potong pisang raja menjadi dua bagian. Taruh potongan pisang di atas roti tawar yang telah diolesi mentega dan nuttela. Lalu gulung seperti risoles dengan rapi. Lakukan hingga semua bahan habis.
  3. Celupkan gulungan roti tawar isi pisang ke dalam putih telur dan taburi tepung panir. Lakukan dua kali agar lapisan lebih tebal.
  4. Sebelum digoreng, simpan dulu di freezer selama 15 menit. kemudian goreng hingga kuning keemasan.

 

Semoga akhir pekanmu makin lengkap ya dengan kudapan manis dari olahan pisang ini. Selamat mencoba Sobat Noble’s ! 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s