Andai Cowok Mau Melakukan 6 Hal Sederhana Ini, Kadar Kegantengan Sobat Bakal Jadi Tinggi Lho !

Kebanyakan cowok cenderung malas merawat kulit dan penampilannya. Padahal jika dilihat dari rataan kerja cowok yang lebih banyak berada di luar ruangan, kulit cowok sebenernya lebih rentan terhadap masalah dibandingkan kulit cewek.  Sayangnya dalam hal merawat kulit, cowok terkesan lebih cuek daripada cowok. Barangkali karena sok jantan, jadi gak mau peduli dengan kesehatan kulit. Padahal kulit manusia sama semua kok, sama-sama rentan dan sama-sama harus dijaga.

Kalau kamu udah paham pentingnya tugas kulit sebagai pelindung terluar tubuh, maka kamu akan lebih peduli dengan masalah kulit yang sering menghampiri cowok berikut ini serta bagaimana cara mengatasinya. Check it out, sob!

1. Sabun cuci muka dengan benzoyl peroxide berkadar 5% sahih mengatasi jerawat

o-WASHING-FACE-COLD-facebook

Jerawat gak hanya menghampiri kamu pas lagi puber doang kalau kamu malas menjaga kebersihan kulit, jerawat bisa nimbul di wajah kamu sewaktu-waktu. Kalau jerawat puber disebabkan oleh melonjaknya produksi hormon, jerawat pada cowok dewasa bisa timbul akibat stress, kelembapan udara, keringat dan penggunaaan steroid yang berlebihan. Kamu gak bisa mengobati jerawat yang udah keburu muncul, tapi kamu bisa mencegahnya dengan menjaga kebersihan kulit.

Namun di beberapa kasus kulit bersih belum tentu bisa menghentikan pertumbuhan jerawat, malah keseringan cuci muka bisa membuat jerawat tumbuh berlipat ganda. Mungkin ada yang salah dengan sabun muka kamu. Pilihlah face wash yang memiliki benzoyl-peroxide berkadar 5%. Cuci muka 2 kali sehari saja, sebelum berangkat beraktivitas dan sebelum tidur.

2. Pakai mentimun atau ampas teh untuk mengatasi kulit iritasi setelah bercukur

Pakai oatmeal biar sekalian di-scrub

Cowok yang rajin bercukur pasti pernah mengalami sensasi kulit terbakar, pedih dan kemerahan setelah bercukur, biasanya iritasi ini bisa berangsung hingga berjam-jam bahkan menyebabkan infeksi jika ada luka menganga dan jerawat. Iritasi ini sebenarnya bisa dihindari jika kamu menguasai teknik bercukur yang benar, membasuh muka dengan air atau handuk hangat, memilih pisau cukur yang baru dan tajam (segera buang cukuran yang tumpul), menggunakan pelicin seperti sabun atau shaving gel, dan bercukur dengan mengikuti arah tumbuhnya rambut.

Jika sudah telat untuk mencegah sebab kulitmu sudah merah dan perih, segera oleskan kulit dengan daging lidah buaya (aloe vera, kalau kamu bingung) atau redakan sensani terbakarnya dengan aftershave yang segar dan sejuk. Selain itu kamu bisa menggunkan bahan alami lain yang dibasahi terlebih dahulu agar bisa menempel dikulit seperti, ampas teh, irisan mentimun, dan campuran madu dan oatmeal.

3. Kamu yang sering naik motor, bersahabatlah dengan lidah buaya dan segala turunannya. Tanaman satu ini ampuh mengatasi kulit terbakar

Ini namanya lidah buaya

Nama yang megah untuk sebuah gangguan kulit, “Tersengat Matahari” namun begitulah adanya kulit kamu perih, memerah dan terasa terbakar akibat terpaan sinar UV yang berlebihan. Kalau udah disengat matahari, sakitnya minta ampun, disenggol dikit aja perih. Cowok yang berkulit lebih gelap (melamin-nya banyak) mungkin gak akan begitu kesakitan kalau tersengat matahari, namun kalau kamu kulitnya cerah dijamin kulit kamu bakal merah kayak udang rebus. Belum lagi rasa letih dan pusing akibat kehilangan banyak cairan.

Untuk mencegahnya kamu bisa menggunakan tabir surya sebelum terpapar matahari, pemilihan baju yang tertutup juga akan membantu. Jangan lupa pakai topi dan sunglasses. Kalau udah terlanjur tersengat matahari, kompres bagian kulit yang sakit dengan air sejuk (bukan es) bila sakit di sekujur tubuh silakan berendam. Gunakan irisan timun atau kentang juga akan meredakan kulit yag terbakar. Untuk menghilangkan kemerah-merahan, celupkan kain/tissu pada air yang telah dicapur baking soda, lalu oles secukupnya di kulit. Kamu juga bisa menggunkan lagi ampas teh dan aloe vera. Oh ya, banyak-banyak minum air putih, bro.

4. Berhenti terlalu banyak makan Nasi Padang. Kulitmu bisa jadi korbannya

Teh hijau bagus untuk kulit

Pernahkah kamu merasakan perih di wajah, mata mengering serta timbul bercak merah di dagu, hidung, pipi atau dahi setelah menyantap makanan pedas? Bercak ini juga sering muncul ketika kamu menenggak minuman beralkohol. Ini buka jerawat dadakan tapi adalah gejala rosasea, peradangan kronis yang disebabkan melebarnya pembuluh darah di bagian wajah.

Berhubung rosasea adalah gangguan kulit yang serius kamu bakal membutuhkan perhatian dari dokter kulit dan resep khusus. Namun yang paling penting adalah menjaga dirimu dari pemicu rosasea, jika gangguan ini muncul akibat alkohol berhentilah minum alhohol. Bila disebabkan oleh makan pedas maka uncapkan selamat tinggal pada nasi padang yang super pedas itu. Untuk perawaan natural kamu bisa minum teh hijau 4-6 cangkir per hari serta jangan lupa untuk mengoleskan ampasnya ke wajah sebagai terapi. Jika disertai pembengkakan, olesi wajah kamu dengan oatmeal yang bisa mengurangi bengkak pada wajah.

5. Demi kaki yang sehat dan bebas bau, jaga kesehatan kakimu dengan minyak daun teh dan bawang putih

No jamur

Cowok yang kerjanya di luar atau di tempat basah dan lembab rentan banget terjangkit kutu air, sebuah gannguan jamur yang biasanya bersembunyi di sela jari kaki, lalu menyebar ke kuku hingga bagian samping kaki. Karena gannguan ini disebabkan oleh jamur maka krim anti jamur yang dengan bebas bisa kamu dapatkan di apotek akan membantu, asal kamu rajin mengolesnya. Selama perawatan usahakan gak pakai sepatu dan kaus kaki, sendalan aja.

Bila kamu penggemar pengobatan alami di rumah, rendam kaki kamu pada air hangat yang sudah dicampur dengan 40 tetes minyak pohon teh, rendam selama 10 menit. Setelah dikeringkan, teteskan lagi minyak tersebut langsung ke daerah yang terserang jamur. Bawang putih yang udah diremukkan bisa kamu selipkan di antara jari kaki bila hari ini kamu gak berencana keluar rumah.

6. Cowok chubby memang lucu. Tapi jangan biarkan dirimu punya lingkaran mata yang membuatmu jadi mirip panda

Timun yang asli, please...

“Mata panda” bisa saja hasil turunan dari gen ayah atau ibu kamu, namun penyebab utama timbulnya lingkaran gelap ini adalah kurangnya tidur disertai pula dengan pola makan yang gak sehat setiap hari. Berhubung sulit untuk mengubah jawdal dan kesibukan sehari-hari, yang bisa kamu lalkukan adalah mengonsmsi makanan sehat seperti sayur mayur, buah-buahan dan banyak minum air putih. Jika diperlukan ikutan kelas yoga yang meningkatkan kesehatan kulit secara menyeluruh. Di waktu senggang, tutup kelopak mata kamu dengan irisan timun.

Setelah kini kamu sudah tau cara-caranya, jangan malas lagi untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit ya. Menjaga kulit bukan urusan cewek saja. Cowok juga harus menjaga kulitnya sebisa yang kamu bisa 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s