8 Hal Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan Demi Memulas Senyum di Wajah Orang Tua

Kita terkadang lupa bahwa turut bertambahnya usia kita, kedua orang tua pun juga akan beranjak menua. Getol menggeluti pekerjaan hingga hal-hal yang menjadi kegemaran membuat kita sering lupa pada mereka. Kita pun tak sempat menelepon atau pulang ke rumah sesering mungkin karena dihajar oleh ragam kesibukan. Kalau sudah begini, kita tak menyadari bahwa tabiat kita sanggup menciptakan lubang baru di hati ayah dan ibu.

Sebenarnya, untuk membuat mereka bahagia kamu tak perlu repot-repot melakukan banyak hal. Dengan cukup lakukan 8 hal sederhana ini saja, maka kamu sudah berhasil memulas senyum di wajah mereka.

Tak harus membelikan mereka ini dan itu, ayah juga ibu sudah merasa bangga ketika melihat kamu mampu membiayai hidupmu.

membuat orangtua bahagia

Setiap orang tua pasti akan bangga ketika anaknya sudah mampu membiayai hidup sendiri. Hal ini membuktikan bahwa kita sudah dewasa dan tak lagi bergantung pada mereka. Tentu saja ayah dan ibu akan merasa tenang karena sedikit banyak kita sudah meringankan beban.

Tak lagi meminta uang saku bulanan, kita sudah sanggup membayar kos hingga mencukupi kebutuhan. Walaupun nampaknya biasa saja, namun diam-diam mereka bangga karena kamu dirasa sudah siap dilepas untuk menghadapi dunia. Bisa dikatakan mereka juga merasa tenang karena tugas mereka untuk menjaga, membesarkan, serta mendidikmu berhasil dilakukan.

Ayah dan ibu juga akan merasa tenang, jika kamu mampu menyisihkan sebagian penghasilan demi tabungan masa depan.

membuat orangtua bahagia

Tak hanya mampu mencukupi kebutuhan diri sendiri tiap bulan, kedua orang tua juga akan merasa tenang ketika kamu mampu menyisihkan penghasilan untuk masa depan. Hati mereka tenteram ketika mengetahui buah hatinya sudah memiliki rencana jangka panjang untuk ke depan. Sehingga tak ada lagi kekhawatiran berlebihan mengenai masa depanmu kelak, karena kamu sudah memiliki bekal untuk menghadapinya.

Orang tua pastilah sudah meng-‘kode’ agar kamu cepat maju ke tahap hidup yang selanjutnya. Tapi santai saja, tanggapi ‘kode-kode’ mereka dengan canda.

membuat orangtua bahagia

Kebanyakan orang tua juga pasti akan merasa senang ketika buah hatinya menginjak usia 20-an dan sudah memiliki pasangan. Hati mereka lega karena kamu tak lagi sendirian dan siap maju ke tahap hidup yang selanjutnya. Namun, memang kita tak tahu kapan waktunya dipertemukan dengan jodoh yang telah digariskan.

Terkadang hingga sekarang pun kita masih sendirian dan belum memiliki seseorang yang mendampingi. Jika hal itu yang sekarang sedang kamu alami, tak perlu khawatir berlebihan atau justru merasa bahwa komentar orang tua adalah suatu gangguan. Cukup tanggapi mereka dengan candaan dan yakini saja bahwa cepat atau lambat orang yang digariskan untukmu akan datang.

Inisiatifmu sungguh terasa berharga, sekadar menawarkan diri untuk menanggung biaya internet atau air PAM adalah tanda bahwa kamu sudah dewasa.

membuat orangtua bahagia

Ayah dan ibu akan merasa senang luar biasa ketika kamu memiliki kepekaan serta inisiatif yang tinggi. Tak perlu kok membelikan mereka barang-barang mewah, kamu cukup memiliki inisiatif untuk menawarkan bantuan. Tentu saja tak perlu pula bantuan yang besar. Berinisiatif untuk memberikan bantuan kecil yang bisa meringankan beban sudah lebih dari cukup untuk mereka.

Kamu bisa menyisihkan sedikit rupiah untuk menanggung biaya internet maupun air PAM di rumah tiap bulan. Tanpa disadari, sikap sederhanamu ini sudah mencerminkan rasa kepedulian serta tanggung jawab. Tanpa disadari sikapmu yang satu ini berhasil menorehkan kebanggaan di hati mereka.

Bagi kamu yang merantau misalnya, luangkan waktu untuk menghubungi mereka tiap Sabtu atau Minggu. Sekadar bertanya suasana rumah sambil melepas rindu.

membuat orangtua bahagia

Mungkin kamu memang sekarang sedang gencar-gencarnya dihajar oleh kesibukan, sehingga kamu tak bisa sering-sering menghubungi rumah untuk menanyakan kabar. Hal inilah yang terkadang membuat hati orang tua sedih dan kecewa. Mulai sekarang cobalah, luangkan sedikit waktumu untuk menghubungi mereka.

Kamu bisa membuat agenda pasti di tiap Sabtu malam maupun di hari Minggu untuk menelepon mereka. Kamu dapat mengupdate cerita mengenai hal-hal yang kamu lakukan maupun bertanya tentang keadaan rumah. Dengan rutin melakoni hal ini, kamu dan mereka bisa saling melepas rindu. Tak hanya itu, orang tua pun tak merasa diabaikan karena kamu mau meluangkan waktu untuk mereka.

Mau menyediakan telinga dan memberi masukan juga bikin orang tua merasa kalau kamu sudah dewasa. Melibatkan diri lebih jauh dalam urusan keluarga tentu akan membuat mereka bahagia.

membuat orangtua bahagia

Membuat bangga orang tua juga bisa ditunjukkan lewat cara sederhana lainnya, kamu bisa selalu menyediakan telinga maupun memberi masukan mengenai masalah keluarga. Selain menampung keluh kesah mereka, memberikan masukan kepada orang tua mengenai masalah keluarga juga akan membuat mereka bangga padamu. Mereka kian yakin bahwa kamu telah dewasa dan senang karena kamu bisa diajak berbagi pikiran untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi bersama.

Beberapa orang tua merasa bahwa yang membuat mereka bahagia itu bukan ketika anaknya punya banyak uang. Tapi bagaimana buah hatinya bisa me-‘manusia’-kan mereka yang kian menua.

membuat orangtua bahagia

Materi memang tak bisa dijadikan tolak ukur utama untuk mencecap kebahagiaan. Bukan materi pula yang bisa membahagiakan hati orang tua. Justru ayah dan ibu akan merasa bahagia luar biasa ketika kamu mampu menghargai, menghormati, serta memanusiakan mereka di usia mereka yang makin senja.

Tetap sabar menjelaskan ketika mereka bertanya mengenai cara penggunaan gadgetdan internet, tak gampang naik pitam ketika menghadapi sikap mereka yang sudah seperti anak kecil lagi. Tentu saja dibanding materi, hal itu sungguh sangat berharga dan sanggup membahagiakan ayah dan ibu. Perlakuanmu yang tetap menghargai mereka sebagai orang tua dan mau merawat mereka dengan penuh kasih membuat mereka merasa telah berhasil mendidikmu sebagai seorang manusia.

Di akhir hari, ayah dan ibu akan sangat menghargai ketika kamu mau meluangkan waktu untuk keluarga. Terlebih selagi mereka masih diberi waktu untuk tinggal di dunia oleh Sang Pencipta.

orangtua bahagia

Satu hal pasti yang membuat orang tua bahagia di usia mereka yang mulai senja adalah ketika kamu bersedia meluangkan waktu lebih banyak untuk mereka. Memang saat ini kamu telah dihimpit oleh pekerjaan dan tanggung jawab baru yang lebih menantang. Namun, kamu jangan sampai lupa bahwa kamu ada di dunia ini berkat adanya ayah dan ibu.

Kita tak pernah tahu kapan usia seseorang akan diakhiri. Masih memiliki ayah dan ibu di usiamu yang sekarang merupakan anugerah terindah yang Tuhan beri. Jangan sia-siakan waktu yang tersisa. Luangkan waktumu dan habiskan bersama dengan mereka. Tak hanya orang tuamu yang merasa dihargai, kamu pun juga bisa merasakan kebahagiaan yang sesungguhnya saat berkumpul dengan mereka.

Kini, bersediakah kamu melakukan 8 hal sederhana tadi demi memulas senyum di wajah orang tua yang kini usianya sudah semakin senja? :)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s