Kenapa Bendera Kita Merah Putih Gan? Bukan Merah Ijo?

faridnoblemans.com – hari kemerdekaan tentu banyak sekali kemeriahan-kemeriahan yang terjadi di daerah kalian, atau jangan – jangan di daerah agan sepi – sepi aja ? wah perlu di pertanyakan tuh jiwa proklamasi nya hehe  😀 ok next Bendera merah putih! Ngga kerasa gan kita hormatin bendera kita satu ini pas upacara tiap hari senen. Tapi masa ngga pernah bertanya gan, kenapa kok bendera kita merah putih? Kenapa misalnya ngga merah ijo aja?

Quote:
Datang Dari Majapahit

Ternyata Sobat Noble’s, pendeknya asal muasal warna merah putih bisa dikatakan datang dari jaman kerajaan majapahit sejak abad ke-13 . Warna panji yang mereka gunakan ternyata kala itu memiliki warna yang sangat mirip, dengan bendera indonesia gan!


Quote:
Digunakan Pangeran Diponegoro

Terus pada abad ke-19, baru digunakan gan secara luas sama Pangeran Diponegoro, sebagai bendera pemberontakan ngelawan penjajah… Pada perang jawa (1825-1830). Semenjak ini, merah putih mulai disimbolkan gan sebagai “simbol perlawanan” terhadap para penjajah! faridnoblemans.com

Quote:
Ditiru Oleh Para Nasionalis Dan Pemuda

Kemudian pada abad 20 gan, abad dimana negara kita ini merdeka gan Bendera merah putih digunakan oleh para pejuang kita dari tua sampe muda sebagai simbol kemerdekaan kita ! Artinya bendera merah putih ini merupakan bendera yang menyatukan semangat kemerdekaan kita !  Sampe akhirnya, ujungnya kita berhasil membacakan proklamasi kemerdekaan dengan menarik bendera merah putih kebanggan kita diatas bumi Indonesia pada 17 Agustus 1945

*Jadi terharu*

Quote:
Ada Satu Teori Mengejutkan Nih !!

Bahwa katanya bendera kita ini asal-usulnya dari bendera belanda !  Kok Bisa!? 

Eitsss tapi ternyata itu datang dari bendera Belanda gan, yang kita robek bawahnya… Jadi sisanya merah putih doang, ngga pake birunya Jadi itu disimbolkan oleh para pejuang kita bahwa artinya kita itu udah lepas dari “darah biru” Belanda selama 350 tahun ini dan ingin merdeka  faridnoblemas.com

Terjawab Sudah Gan!

Itulah gan! Sejarah singkat kenapa ternyata bendera kita ini merah putih! Bukan merah ijo! Untung merah putih ya gan… Kalo merah ijo pasti jadi norak deh Oiya berhubung lagi euforia, HYPE dan semangat 17an,

FARIDNOBLEMANS.COM MENGUCAPKAN SELAMAT HARI KEMERDEKAAN TANAH AIR KITA YANG KE-70 GAN!!!

Masukan dari Temen-temen
kalo warna warni ntar malah dikira kue lapis gan

Kalo yang ane tau sih :

Merah = Darah
Putih = Tulang

berjuang sampai darah penghabisan dengan keberanian
berjuang dengan kesederhanaan, kesempurnaan, kedamaian, pencapaian diri dan spiritualitas

kalo warna-warni kaya pelangi dikira bendera lgbt gan


Merah Putih memang terinspirasi dari bendera negara Majapahit dan Bendera Perang Pangeran Diponegoro gan.. Selain itu Merah Putih berarti:

1. Merah = Berani.. Putih = Suci..
Kemerdekaan Indonesia di perjuangkan oleh keberanian dan niat suci untuk memerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia

2. Merah = Darah.. Putih = Tulang
Kemerdekaan Indonesia hasil perjuangan bangsa Indonesia yang diperoleh bermandikan darah dan otot(tulang)

3. Merah = Nasionalis.. Putih = Kaum agama (Islam, Nasrani, Budha, Hindu)
Kemerdekaan Indonesia tercipta karena ada nya persamaan tekad seluruh bangsa Indonesia tanpa memandang suku, ras, dan agama.. Yang ada adalah suatu kesatuan tekad untuk menjadi Bangsa Indonesia yang merdeka dan bangga akan kebangsaaan Indonesia nya (Nasionalisme)

Itu yang ane baca-baca dari berbagai sumber Gan.. CMIIW


Bonus : 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s