Dalam Keadaan Apapun Berusahalah Untuk Selalu Bersyukur

Ehhh, maaf ya. Tau gak? Kamu itu kadang suka lebay. Abis, punya masalah sedikit aja suka dilebih-lebihin.

Sok frustasi, terus bilang ke orang-orang, lagi stress. Bawaannya gelisah, galau. Akhirnya keluh kesah mulu. Pikiran gak ada positif-nya. Lebay banget sih. Mikir yang jelek-jelek aja bisanya. Kan namanya orang hidup, pasti punya masalah. Kadang senang, kadang gak senang. Kadang sehat, kadang sakit. Itu mah proses yang wajar aja. Semua orang juga ngalamin, gak kamu doang tau.

Makanya, kalo punya masalah gak usah lebay. Kayak dunia udah mau runtuh aja. Gak sekalian aja minta kiamat.

Emang kamu gak tau? Kalo hidup itu ada konsekuensinya. Kan kita sudah pilih apa yang kita jalani sekarang. Terus, pas ada masalah kenapa lebay. Hadapi aja keless. Semua yang kita pilih itu pasti ada konsekuensinya. Makanya, waktu sebelum milih dipikir dulu yang benar. Iya gak? Jawab dong, jangan ngangguk aja. Bilang “iya”. Nah giitu kan enakkk …

Yah, selagi kita jadi manusia, pikiran emang suka berubah-ubah. Apalagi perasaan, paling gampang berubah. Makanya kita butuh sikap bijak dalam memperlakukan pikiran dan perasaan. Jangan sampe kebawa hanyut. Apalagi lebay.

Hiruk pikuk kehidupan, gaya hidup dan sebagainya udah bikin banyak manusia “berubah”. Banyak hal di sekitar kita udah gak kayak yang dulu lagi. Berubah. Mungkin, itu semua karena kita sendiri. Walau ada juga karena lingkungan dan orang lain.
Tapi apapun masalah yang menimpa, kamu gak usah lebay. Ingat, jangan lebay. Biasa aja deh. Jangan sampe pikiran kotor, perasaan ngalor-ngidul. Sampe akhirnya kita lupa sama diri sendiri, sebenarnya siapa kita?

Elling, eling. Eling aja kalo kamu lagi punya masalah. Lalu, katakan dalam hati pada diri kita sendiri.

“DI SAAT KAMU ….”:

Di saat kamu merasa lelah bekerja, ingatlah saat dulu kamu berusaha mencari kerja
Di saat kamu punya uang tapi gak cukup, ingatlah saat kamu gak punya uang sama sekali
Di saat kamu bête soal apapun, ingatlah saat kamu masuk ke urusan yang bikin bête itu
Di saat kamu ingin melepaskan seseorang, ingatlah saat kamu ingin mendapatkannya
Di saat kamu mulai tidak mencintainya, ingatlah saat pertama kamu jatuh cinta padanya
Di saat kamu merasa bosan dengannya, ingatlah selalu saat-saat indah bersamanya
Di saat kamu pengen menduakannya, ingatlah saat dia selalu setia bersamamu
Di saat kamu ingin membohonginya, ingatlah saat dia selalu jujur padamu
Di saat kamu curhat kemana-mana, ingatlah saat di tidak pernah curhat ke selain Allah

Oke, jadi gak usah lebay ya kalo punya masalah. Orang lain juga punya masalah. Nikmati aja, hadapi dan cari jalan keluar yang pas.

Kamu akan merasakan arti yang kamu miliki saat ini dalam hidupmu. Jangan sampai di saat yang kamu punya hilang dan pergi darimu, lalu kamu menyesal. Dan baru sadar akan arti penting yang kamu miliki untukmu.

Di saat kamu, dalam kondisi apapun, seperti apapun. Ingatlah:
Yang indah itu hanya sementara
Yang abadi itu adalah kenangan
Yang ikhlas hanya dari hati
Yang tulus hanya dari sanubari

Sungguh, tidak mudah mencari yang hilang; tidak mudah mengejar impian
Tapi yang lebih susah adalah mempertahankan yang sudah kamu miliki
Karena walaupun sudah tergenggam bisa terlepas juga

Ingatlah pada pepatah,

“Jika kamu tidak memiliki apa yang kamu sukai, maka sukailah apa yang kamu miliki saat ini”

Makanya, belajar menerima keadaan, apa adanya dan selalu berpikir positif
Hidup itu bagaikan mimpi, seindah apapun, begitu bangun semuanya sirna tak berbekas
Rumah mewah bagai istana, harta benda yang tak terhitung, pangkat dan jabatan yang luar biasa.

Namun

Ketika nafas terakhir tiba, sebatang jarum pun tak bisa dibawa pergi
Sehelai benang pun tak bisa dimiliki
Apalagi yang mau diperebutkan
Apalagi yang mau disombongkan
Apalagi yang mau disesali

Ya, hidup dijalani saja. Sesuai perintah-Nya. Mulai dengan keinsafan nurani. Hati nurani kita.
Jangan terlalu perhitungan
Jangan hanya mau menang sendiri
Jangan suka sakiti sesama apalagi terhadap mereka yang berjasa
Jangan mikir yang jelek-jelek melulu

Berusahalah, sebisa kiita, sebisa yang seharusnya untuk
Belajar tiada hari tanpa kasih sayang
Belajar berlapang dada dan mengalah
Belajar hidup ceria, senang, bebas leluasa
Belajar berpikir positif dan berbagi pada orang lain

Karena,
Tak ada yang tak bisa diikhlaskan
Tak ada sakit hati yang tak bisa dimaafkan
Tak ada dendam yang tak bisa terhapus
Tak ada manusia yang tak bisa berubah

Kini tergantung pada kamu, tergantung pada diri kita sendiri
Mau menjadi lebh baik dari kemarin atau tidak. Mau bersahabat dengan kebaikan atau tidak.

Sudahlah, tak usah lebay … di saat kamu dalam kondisi apapun. Hadapi dan tersenyumlah

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s