UBAH LAYAR SMARTPHONE JADI MEDIA HOLOGRAM 3D DENGAN BENDA-BENDA YANG ADA DI KAMAR ANDA

Ketika mengumumkan Android 5.0 Lollipop tahun lalu, Google juga menyertakan informasi tentang kehadiran dukungan untuk konten virtual reality di OS versi terbaru tersebut. Yang mengejutkan, Google juga membagikan informasi tentang cara membuat headset dari kertas kardus untuk mendorong para pengguna lebih kreatif dalam cara mengakses teknologi baru, juga mendorong popularitas serta pengembangan konten-konten virtual reality yang ada di Android OS.

Namun sayang sampai saat ini Google masih belum juga memberikan panduan tentang cara menikmti konten hologram 3D, dan hal ini akhirnya membuat seorang Youtuber dengan ID Mrwhosetheboss berinisiatif untuk memberikan tips tentang membuat sebuah perangkat sederhana untuk menampilkan konten hologram 3D langsung via smartphone Anda.

Perangkat mungil ini bisa dibuat dari barang-barang yang sudah ada di kamar Anda, seperti kotak CD yang sudah tidak dipakai, selotip bening, penggaris, cutter, dll. Satu hal yang mungkin perlu Anda beli di toko alat tulis adalah sebuah kertas grafis yang nantinya bakal dipakai untuk cetakan, dan berikut adalah langkah-langkah pembuatannya:

– Setelah semua barang yang dibutuhkan terkumpul, langsung saja buat cetakan untuk sebuah trapesium yang ukurannya 1cm di bagian atas, 3,5cm di bagian sisi, serta 6cm di bagian bawah.
– Buat 4 buah trapesium dari kotak CD dari cetakan tersebut; kotak CD yang dipakai sebaiknya kotak yang benar-benar bening agar kualitas gambar yang dipantulkan bisa optimal, dan terbuat dari plastik kaca untuk memudahkan Anda memotongnya.
– Rekatkan keempat trapesium tadi dengan menggunakan selotip bening agar tampilan lebih bersih dan gambar tak terhalang. Selesai.

Setelah selesai merakitnya, Anda kini bisa menikmati hologram 3D langsung via layar smartphone Anda. Caranya; browsing konten-konten video hologram 3D yang ada di YouTube, letakkan perangkat mungil ini di atas layar dan cari posisi yang paling tepat agar gambar bisa ditampilkan secara utuh, lalu mainkan videonya. Mudah sekali bukan? Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak videonya berikut ini:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s