FUJIFILM PERKENALKAN X-T1 IR, HARGA RP 22 JUTA

Fujifilm baru saja mengumumkan varian baru dari kamera populer X-T1. Varian baru dari X-T1 hadir dengan nama Fujifilm X-T1 IR. Seperti namanya, Fujiflm X-T1 IR dilengkapi infrared (IR) sehingga dapat menangkap cahaya dalam spektrum berbeda, termasuk ultraviolet dan inframerah.

Fitur inframerah pada kamera biasanya digunakan untuk kebutuhan investigasi, karena gambar yang diambil menggunakan inframerah dapat menunjukkan perbedaan temperatur sehingga dapat menunjukkan benda atau cairan yang tersembunyi di dalam wadah tertentu. Inframerah juga bisa digunakan untuk melihat sketsa sebuah lukisan untuk memastikan keasliannya. Untuk seni fotografi, kamera dengan fitur inframerah bisa menghasilkan reproduksi warna yang sangat artistik.

Selain tambahan fitur infrared, kamera Fujifilm X-T1 IR masih mengusung fitur yang sama dengan original X-T1. Seperti original X-T1, fitur yang diusung Fujiflm X-T1 IR meliputi sensor 16,3MP APS-C X-Trans CMOS II dan didukung EXR Processor II yang mampu menawarkan 0,5 detik start-up time, 0,05 detik shutter lag dan 0,5 detik shooting interval serta 8fps burts mode dengan dukungan autofocus.

Fitur lainnya, Fujiflm X-T1 IR memiliki wide-angle 2,36m dot OLED viewfinder, SDXC UHS-II, ISO 25.600 dan didukung fitur weatherproof yang membuat kamera masih bisa digunakan pada suhu minus 10 derajat Celcius. Dan seperti original X-T1, Fujifilm X-T1 IR didukung Camera Remote app untuk mengoperasikan kamera dari jarak jauh menggunakan smartphone.

Fujiflm X-T1 IR dijadwalkan beredar di pasar internasional mulai bulan Oktober 2015. Fujiflm X-T1 IR akan dijual dengan banderol $400 atau sekitar Rp 5,3 juta lebih mahal dibanding original Fujifilm X-T1. Dengan kata lain, Fujiflm X-T1 IR akan dijual dengan harga $1.700 (body only) atau sekitar Rp 22 juta.

~Sekian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s