Microsoft Edge vs Google Chrome, Siapa Paling Hebat?

Sobat Noble’s – Microsoft Windows 10 telah dirilis pada tanggal 29 Juli 2015 telah membuat banyak orang terpukau dengan fitur-fitur yang dimilikinya mulai dari Cortana, Windows Hello, Microsoft Edge dan lain sebagainya. Microsoft Edge merupakan browser yang dibuat untuk menggantikan browser legendaris yaitu Internet Explorer, walaupun begitu untuk Windows 10 versi Enterprise, Internet Explorer masih disediakan beserta dengan Microsoft Edge. Microsoft Edge disebut-sebut sebagai browser yang dapat mengerti dan memberikan kemudahan akses pada penggunanya. Melalui Microsoft Edge, pengguna bisa memberikan catatan atau gambar atau memberi highlight pada poin tertentu di sebuah website serta berbagi kepada rekan-rekan. Microsoft Edge juga membuat pengguna lebih mudah untuk membaca sebuah artikel di website.

Walaupun begitu, Microsoft Edge tidak hanya sendiri karena masih ada browser-browser lain yang populer dan eksis untuk menyaingi Microsoft Edge seperti misalnya Google Chrome. Google Chrome merupakan salah satu produk sukses milik Google seperti yang sudah dikenal mengenai performanya membuat banyak orang mungkin masih lebih memilih Google Chrome dibandingkan Microsoft Edge. Apakah Microsoft Edge dapat menyaingi Google Chrome? Jika sebelumnya faridnoblemans.com pernah membuat artikel mengenai review Microsoft Edge, kali ini artikel performa Microsoft Edge vs Google Chrome. Dikutip dari Mashable yang mencoba membandingkan performa dari Microsoft Edge vs Google Chrome menggunakan laptop HP Spectre x360 dengan prosesor Intel Core i5 dan RAM 8GB. Berikut hasil perbandingan Microsoft Edge vs Google Chrome:

Baca Juga : Mengenal Microsoft Edge, Pengganti IE di Windows 10

Futuremark Peacekeeper

Peacekeeper merupakan sebuah JavaScript benchmark dengan fungsi menjalankan beberapa macam test mulai dari kemampuan rendering, HTML5, hingga parsing teks. Di bawah ini merupakan angka atau skor dari Peacekeeper hasil perbandingan Microsoft Edge vs Google Chrome.

Futuremark Peacekeeper microsoft edge vs google chrome 1

Futuremark Peacekeeper microsoft edge vs google chrome 2

Hasil Peacekeeper memperlihatkan skor milik Google Chrome lebih besar dari Microsoft Edge, semakin tinggi skor maka semakin tinggi performa dari browser tersebut dan Google Chrome meraih angka lebih tinggi melebihi Microsoft Edge pada hasil test ini.

SunSpider JavaScript

SunSpider JavaScript microsoft edge vs google chrome 1

V8 Benchmark Suite microsoft edge vs google chrome 2

SunSpider merupakan JavaScript benchmark yang dibuat oleh tim Apple Webkit pada 2007, tetapi sedikit berbeda dengan Peacekeeper karena hanya tes dari sisi JavaScript saja. SunSpider JavaScript sering digunakan untuk perbandingan browser, menggunakan versi 1.0.2 terbaru ini dia hasil perbandingan dari Microsoft Edge vs Google Chrome.Dilihat dari angka tersebut Microsoft Edge memiliki angka lebih rendah dibandingkan Google Chrome, berbeda dengan Peacekeeper, semakin rendah angkanya di SunSpider JavaScript berarti semakin baik performanya.

V8 Benchmark Suite – Versi 7

Dibuat oleh Google untuk mengetes performa JavaScript di Google Chrome. Hasil tes sudah bisa diprediksi akan dimenangkan oleh Google Chrome tetapi hasil juga memperlihatkan Microsoft Edge memiliki skor yang tidak begitu buruk.V8 Benchmark Suite microsoft edge vs google chrome 1

V8 Benchmark Suite edge vs google chrome 2

Semakin tinggi skor maka semakin bagus performa browser tersebut, pada tes ini Google Chrome berhasil mengungguli Microsoft Edge.

Real-World Speed

Tes kali ini membandingkan antara Microsoft Edge vs Google Chrome ketika membuka sebuah website. Perbedaan antara Microsoft Edge dengan Google Chrome hanya beberapa milidetik yang sesungguhnya tidak terasa pada situasi aslinya.

real test speed microsoft edge vs google chrome 2

real test speed microsoft edge vs google chrome 2

Kesimpulan Microsoft Edge vs Google Chrome

Dilihat dari hasil di atas terlihat Google Chrome memiliki performa yang lebih dibanding Microsoft Edge. Microsoft Edge sendiri benar-benar membuktikan bahwa dirinya bisa menggantikan Internet Explorer dan Microsoft Edge layak dicoba. Ada yang sudah install Windows 10 dan cobain Microsoft Edge?

~Sekian

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s