Apa Sih Ta’aruf Itu ?

Sobat Noble’s – Saya tau kalian yang sudah beranjak dewasa sudah pernah merasakan sebuah getaran-getaran yang sering kita sebut :/ emmmm apalah itu pasti sudah tau ga mesti di jelasin deh pffftt -_-, entahlah apa namanya dan saya yakin kalian pernah yang namanya pacaran, bener ? 😀 artikel kali ini bermaksud untuk menjelaskan teman saya yang bertanya tentang Ta’aruf, hmmmm…

Cek juga Artikel berikut Sob 🙂 9 Alasan Kenapa Ta’aruf Bisa Jadi Solusi Bagi Kamu Yang Galau Karena Cinta

Sebagian orang pasti pernah berbuat salah, berada dalam lingkaran keburukan atau sampai jadi orang keji sekalipun Na’udzubillah, dan bagus sekali kalo kamu berkeinginan untuk merubah dan melangkah pada sesuatu yang lebih baik 🙂
Bagaimana di sebutkan dalam dalil hadist berikut :

“Barang siapa yang keadaan amalnya hari ini lebih jelek dari hari kemarin, maka ia terlaknat. Barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin, maka ia termasuk orang yang merugi. Dan barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka ia termasuk orang yang beruntung.” (HR. Bukhari)

Sebagaimana yang di terangkan oleh guru saya, yang berasal dari Al-Qur’an dan Hadist jadi Ta’aruf itu ….

Secara bahasa ta’aruf bisa bermakna ‘berkenalan’ atau ‘saling mengenal’. Asalnya berasal dari akar katata’aarafa. Seperti ini sudah ada dalam Al-Qur’an. Simak saja firman Allah (yang artinya),

“Hai manusia sesungguhnya kami telah menciptakan kalian dari seorang pria dan seorang wanita, lalu menjadikan kalian berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kalian saling mengenal (ta’arofu) …” (QS. Al Hujurat: 13).

Kata li ta’aarafuu dalam ayat ini mengandug makna bahwa, aslinya tujuan dari semua ciptaan Allah itu adalah agar kita semua saling mengenal yang satu terhadap yang lain. Sehingga secara umum, ta’aruf bisa berarti saling mengenal. Dengan bahasa yang jelas ta’aruf adalah upaya sebagian orang untuk mengenal sebagian yang lain.

Kamu Sobat Noble’s yang punya pacar baik itu udah lama, atau baru jadian -_- lebih baik jangan di terusin dehh mau tau kenapa ?

Jadi, kata ta’aruf itu mirip dengan makna ‘berkenalan’ dalam bahasa kita. Kalo niat buat bisa kenal dan lebih deket mending kalo kamu uda siap lahir batinnya, kalo buat pacaran doang terus menjerumus pada dosa yang rugi siapa? bukan hanya kamu orang yang kamu sayangi juga -, Mehhh

Setiap kali kita berkenalan dengan seseorang, entah itu tetangga kita, orang baru atau sesama penumpang dalam sebuah kendaraan umum misalnya, dapat disebut sebagai ta’aruf. Ta’aruf jenis ini dianjurkan dengan siapa saja, terutama sekali dengan sesama muslimuntuk mengikat hubungan persaudaraan. Tentu saja ada batasan yang harus diperhatikan kalau perkenalan itu terjadi antara dua orang berlawanan jenis, yaitu pria dengan wanita.

Untuk itu umat islam sudah menganjurkan memberlakukan hijab bagi wanita muslimah, yang bukan hanya berarti selembar jilbab dan baju kurung yang menutupi tubuhnya dari pandangan pria yang bukan mahram, tapi juga melindungi pergaulannya dengan lawan jenis yang tidak diizinkan syari’at.

Contoh :

dari pergaulan yang tidak diizinkan syari’at ini ialah berduaan atau bercampur-baur antara beberapa orang yang berlainan jenis dalam satu tempat secara berbauran, pergi bersama pria yang bukan mahram, dan berbagai hal lain yang dilarang syari’at. Semua itu tidak otomatis menjadi halal bila diatasnamakan ta’aruf.

Bm014pTCIAAeTJx

Banyak saya temui anak muda yang mengobral kata-kata manis, janji-janji manis saling mengecup dan pelukan dan sampai aahhh sudahlah … dan akhirnya mereka putus dan saling membenci silaturahmi niat lebih deket berujung pahit -_- jadi itu yang kalian mau ? jadi itu yang agama kamu ajarkan ? BUKAN !!!

Ta’aruf atau perkenalan yang dianjurkan dalam islam adalah dalam batas-batas yang tidak melanggar aturan islam itu sendiri. Kalau dalam soalan makan, minum dan berpakaian saja islam memiliki aturan yang harus dijaga, misalnya tidak sembarang makan dan minum itu halal, dan tidak sembarang pakaian boleh dipakai, maka untuk hal-hal lain yang lebih kompleks islam tentu juga memiliki aturannya. Adab pergaulan, adab berkenelan, adab mengenal sesama muslim, juga memiliki aturan yang harus diperhatikan. Jadi jangan sekali-kali mencampuradukkan antara anjuran berkenalan atau mengenal sesama muslim dengan larangan-larangan agama seputar proses berkenalan tersebut. Bila dilakukan, maka hal itu sama saja dengan mencampuradukkan antara makanan halal dengan haram, dengan dalil karena manusiahidup harus makan, dan bahwa makan minum itu boleh dilakukan diluar puasa.

Kemudian Sobat Noble’s dalam makna khusus proses pengenalan sesorang terhadap pria atau wanita yang akan dipilih sebagai pasangan hidup sering juga disebut sebagai ta’aruf. Sebagai istilah ta’aruf tentu saja bebas nilai, sampai ada hal-hal yang memuat aplikasi dari hal-hal yang dianjurkan atau diwajibkan, atau sebaliknya, justru hal-hal yang tidak baik atau dilarang. Sejauh yang faridnoblemans.com tahu, ungkapan ta’aruf ini tidak pernah disebutkan sebagai istilah khusus dengan arti perkenalan antar dua orang berlainan jenis yang ingin menjajaki kecocokan sebelum menikah. Karena tak ada penggunaan istilah yang sama untuk makna tersebut, maka sekali lagi kata ta’aruf ini masih bebas dinilai. Dan karna bebas nilai inilah, maka aplikasi ta’aruf ini pun bisa ditarik ulur menjadi nilai-nilai yang dianjurkan atau bahkan diwajibkan, atau sebaliknya, justru menjadi nilai-nilai yang dilarang dan diharamkan. faridnoblemans.com

Sekarang Pilih deh, Sobat Noble’s Mau hidup kamu di Ridhoi Allah apa Tidak? Jangan coba-coba ngelanggar dong.. kan buat kebaikan kamu juga 🙂

Cek juga Artikel berikut Sob 🙂 9 Alasan Kenapa Ta’aruf Bisa Jadi Solusi Bagi Kamu Yang Galau Karena Cinta

~Sekian

Advertisements

2 thoughts on “Apa Sih Ta’aruf Itu ?

  1. Pingback: 9 Alasan Kenapa Ta’aruf Bisa Jadi Solusi Bagimu yang Galau Karena Cinta | ~Faridnoblemans~

  2. Pingback: Dalil-Dalil Tentang Pernikahan Al-Qur’an dan Hadist | ~Faridnoblemans~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s