Kamu Enggan Berjilbab ? Boleh kok, Asaaalll ….

Selamat Sore Sobat Noble’s setelah dua artikel menyinggung tentang jilbab yaitu Jangan Mau Sama Wanita Tidak Berhijab, Why? dan (Miris) Berjilbab Tapi Membuka Aurat. Tidak adil rasanya kalo ga memberikan alasan yang pro bagi kaum wanita yang enggan berjilbab,, ISLAM sebenarrnya ga mempersulit ko, kita sebagai umat-Nya justru Allah SWT pun memperingan hal ini tapi pasti dengan syarat yang tertera dalam Al-Qur’an dan hadist, lalu apa saja sih syarat agar bisa terlepas dari belenggu Jilbab? …. Cekidot 😀 🙂

Allah ta’ala berfirman,

وَالْقَوَاعِدُ مِنَ النِّسَاءِ اللاتِي لا يَرْجُونَ نِكَاحًا فَلَيْسَ عَلَيْهِنَّ جُنَاحٌ أَنْ يَضَعْنَ ثِيَابَهُنَّ غَيْرَ مُتَبَرِّجَاتٍ بِزِينَةٍ وَأَنْ يَسْتَعْفِفْنَ خَيْرٌ لَهُنَّ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

“Dan perempuan-perempuan tua yang telah terhenti (dari haid & mengandung) yang tiada ingin kawin (lagi), Tiadalah atas mereka dosa menanggalkan pakaian mereka dgn tak (bermaksud) Menampakkan perhiasan, & berlaku sopan adalah lebih baik bagi mereka. Dan Allah Maha mendengar lagi Maha Bijaksana.” (QS. An-Nuur: 60)

Ummu Abdillah Al-Wadi’iyah berkata: “Yang dimaksud dgn Al-Qawa’id adalah perempuan-perempuan tua, maka kandungan ayat ini menunjukkan bolehnya perempuan tua yang sudah tak punya hasrat menikah utk melepaskan pakaian mereka.”

Imam Asy-Syaukani mengatakan: “Yang dimaksud dgn perempuan yang duduk (Al-Qawa’id) adalah kaum perempuan yang sudah terhenti dari melahirkan (menopause). Akan tetapi pengertian ini tak sepenuhnya tepat. Karena terkadang ada perempuan yang sudah terhenti dari melahirkan sementara pada dirinya masih cukup menyimpan daya tarik.”  … “Sesungguhnya mereka (perempuan tua) itu diizinkan melepasnya karena kebanyakan lelaki sudah tak lagi menaruh perhatian kepada mereka. Sehingga hal itu menyebabkan kaum lelaki tak lagi berhasrat utk mengawini mereka maka faktor inilah yang mendorong Allah Yang Maha Suci membolehkan bagi mereka (perempuan tua) sesuatu yang tak diizinkan-Nya kepada selain mereka. Kemudian setelah itu Allah masih memberikan pengecualian pula kepada mereka.

Allah berfirman: “dan bukan dlm keadaan mempertontonkan perhiasan.” Artinya: tak menampakkan perhiasan yang telah diperintahkan utk ditutupi sebagaimana tercantum dlm firman-Nya, “Dan hendaknya mereka tak menampakkan perhiasan mereka.” Ini berarti: mereka tak boleh sengaja memperlihatkan perhiasan mereka ketika melepas jilbab & sengaja mempertontonkan keindahan atau kecantikan diri supaya kaum lelaki memandangi mereka…” (dinukil dari Nasihati li Nisaa’, hal. 87-88)

Syaikh Abu Bakar Al-Jaza’iri berkata: “Al-Qawa’idu minan nisaa’ artinya: kaum perempuan yang terhenti haidh & melahirkan karena usia mereka yang sudah lanjut.” (Aisarut Tafasir, Maktabah Syamilah)

Syaikh As-Sa’di berkata: “Al-Qawa’idu minan nisaa’ adalah para perempuan yang sudah tak menarik utk dinikmati & tak menggugah syahwat.” (Taisir Karimir Rahman, Makbatah Syamilah) Imam Ibnu Katsir menukil penjelasan Sa’id bin Jubair, Muqatil bin Hayan, Qatadah & Adh-Dhahaak bahwa makna Al-Qawa’idu minan Nisaa’ adalah: perempuan yang sudah terhenti haidnya & tak bisa diharapkan melahirkan anak.” (Tafsir Ibnu Katsir, Maktabah Syamilah).

Adapun yang dimaksud dgn pakaian yang boleh dilepas dlm ayat ini adalah kerudung, jubah, & semacamnya (lihat Aisarut Tafasir, Maktabah Syamilah)

Meskipun demikian Allah menyatakan: “dan berlaku sopan adalah lebih baik bagi mereka.” (QS. An-Nuur: 60) Syaikh Abu Bakar Jabir Al-Jaza’iri menjelaskan: Artinya tak melepas pakaian tersebut (kerudung & semacamnya) adalah lebih baik bagi mereka daripada mengambil keringanan.” (lihat Aisarut Tafasir, Maktabah Syamilah).

anime_jilbab_129

sebenarnya kembali pada Bro Sist Noble’s juga Wajib atau tidak yang jelas ketika Rasulullah diperlihatkan NERAKA isinya kebanyakan PEREMPUAN, maka berhati-hatilah, cari yang aman saja untuk akhiratmu, kenapa harus ngotot mencari hukum yang meringankan kesenangan dunia kalo ayatnya sudah jelas, kecuali jika orang tersebut sangat menderita fatal dengan aturan Allah yang wajib, karena Islam itu mudah tapi jangan dipermudah, Islam itu tidak sulit maka jangan dipersulit, Hukum Allah sangat Rahmatan lil Alamin, UNTUK SELURUH DUNIA 🙂

Mungkin kalau kalian Muslimah yang ingin kehidupannya tidak sia-sia lebih baik ikuti aturan Allah SWT

sebagaimana di terangkan di dalam surat Al A’raaf ayat 147, Allah menegaskan lagi sikapNya terhadap wanita yang tak mau memakai jilbab, yang berbunyi sbb.:

“Orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami, juga mendustakan akhirat, hapuslah seluruh pahala amal kebaikan. Bukankah mereka tidak akan diberi balasan selain dari apa yang telah mereka kerjakan?”

Kaum wanita yang tak memakai jilbab didalam hidupnya, mereka telah sesuai dengan bunyi ayat Allah diatas ini, hapuslah pahala shalat, puasa, zakat, haji mereka.

Mungkin segitu yang bisa saya sampaikan sobat Noble’s semoga semakin teguh hati kita pada Agama ISLAM yang sudah tentu agama yang ALLAH RIDHOI 🙂

Baca Juga : Jangan Mau Sama Wanita Tidak Berhijab, Why? dan (Miris) Berjilbab Tapi Membuka Aurat.

~Sekian

Advertisements

3 thoughts on “Kamu Enggan Berjilbab ? Boleh kok, Asaaalll ….

  1. Pingback: Jangan Mau Nikah Sama Wanita Tidak Behijab !!! Why ???? | ~Faridnoblemans~

  2. Pingback: Kamu Perempuan Muslims ? Baca Ini Kalo Berani !!! | ~Faridnoblemans~

  3. Pingback: Dosa Tidak Menutup Aurat, Tidak Bisa Dihapus Dengan Pahala Apapun! | ~Faridnoblemans~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s